Keyboard Aksara Bali untuk Android dan Cara Menggunakannya - Salam Tekno

Keyboard Aksara Bali untuk Android dan Cara Menggunakannya

Menampilkan keyboard aksara Bali pada smartphone Android merupakan salah satu cara lain untuk menulis aksara Bali menggunakan aplikasi Microsoft Word dan sebagainya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menampilkan keyboard aksara Bali tersebut, artikel Salam Tekno kali ini akan membahasnya secara detail untuk Anda praktikkan.

keyboard aksara bali

Penggunaan keyboard aksara Bali untuk menulis wacana aksara Bali tentunya agak sulit dibanding menggunakan alat translate aksara Bali yang hanya perlu melakukan copy dan paste saja seperti yang telah saya bahas sebelumnya. Hal tersebut karena Anda harus mengetahui dan menghapal terlebih dahulu letak masing-masing huruf Bali pada keyboard di perangkat Android yang Anda miliki.

Sama halnya keyboard aksara Jawa, keyboard aksara Bali juga telah ada di masing-masing keyboard bawaan pada setiap perangkat Android, dan Anda hanya perlu menambahkannya saja. Dengan demikian, Anda tidak harus mencari apalagi download keyboard aksara Bali lain di internet.

Namun sebelum itu, sebaiknya Anda telah memiliki dan memasang salah satu font aksara Bali terlebih dahulu, agar ketika Anda mengetik tulisan Bali bisa ditampilkan dengan baik. Anda bisa memasang font bernama Noto Sans Balinese, Bali Simbar, maupun Bali Simbar Dwijendra yang mana telah saya bagikan pada artikel yang lalu.

Keyboard Aksara Bali dan Cara Menggunakannya

Keyboard Aksara Bali untuk Android

Aplikasi keyboard yang telah menjadi bawaan pada setiap merk dan jenis ponsel Android saat ini adalah Gboard - Keyboard dari Google yang memiliki fitur pengetikan multibahasa di dalamnya. Dan cukup dengan Gboard, Anda akan bisa menulis aksara Bali di Android yang Anda miliki.

Untuk menjadikan Gboard sebagai keyboard aksara Bali, Anda hanya perlu menambahkan bahasa Bali ke dalam daftar bahasa yang digunakan melalui setelan Android masing-masing. Berikut tutorialnya saya contohkan menggunakan smartphone Android Xiaomi.

Buka Setelan atau Pengaturan ponsel Android, pilih Setelan tambahan yang terletak pada menu Sistem & Perangkat, kemudian pilih menu Bahasa & masukan yang ada di dalamnya.

setelan bahasa android

Pada menu Keyboard Saat Ini, pastikan yang terpilih adalah aplikasi Pengetikan multibahasa - Gboard dan bukan aplikasi keyboard yang lain, kemudian pilihlah menu Gboard yang ada di bawahnya.

keyboard saat ini

Untuk menambah bahasa Bali, pilihlah menu Bahasa yang juga tertera informasi mengenai bahasa apa saja yang sedang digunakan pada Gboard. Terlihat dalam screenshot di bawah ini bahwa saya baru menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Aksara Jawa.

setelan google keyboard

Ketuk Tambahkan Keyboard kemudian cari dan pilihlah bahasa Bali pada deretan bahasa yang ada. Jika Anda tidak berhasil menemukannya, perbaruilah terlebih dahulu aplikasi Gboard ke versi terbaru melalui Google Play Store.

mencari bahasa bali

Terdapat dua buah pilihan bahasa Bali yang tersedia, yakni Bali dan Bali (Latin). Untuk membuat keyboard aksara Bali pada Gboard, pilihlah bahasa Bali tanpa ada tulisan latin.

pilihan bahasa bali

Ketuk Selesai, dengan begitu keyboard aksara Bali Anacaraka telah berhasil ditambahkan ke dalam daftar bahasa yang digunakan pada Gboard.

daftar bahasa gboard

Untuk mengetik aksara Bali menggunakan Gboard yang telah Anda tambahkan bahasanya tadi, bukalah aplikasi apa saja di Android yang bisa digunakan untuk mengetik. Entah itu Word, WhatsApp, Pesan, dan lain sebagainya.

Ketika keyboard muncul, tekan tombol yang bergambar globe atau tekan dan tahan tombol spasi sampai muncul menu Ubah keyboard. Pilih bahasa Bali yang telah Anda tambahkan sebelumnya.

ubah keyboard

Tombol pada keyboard Android Anda akan berganti dengan huruf aksara Bali lengkap mulai dari huruf Anacaraka, angka aksara Bali, gantungan aksara Bali, dan lain sebagainya. Sekarang, mulailah mengetik kata atau kalimat apa yang ingin Anda tulis. Dan untuk mengembalikan tombol Gboard seperti semula, ulangi langkah sebelumnya dan pilih bahasa keyboard yang sebelumnya Anda pakai.

keyboard aksara bali android

Selain Gboard, Anda juga bisa menemukan aplikasi keyboard aksara Bali yang lainnya pada Google Play Store. Seperti misalnya Papan Ketik (PaTik) Aksara Bali oleh Siap Being, Balinese Keyboard Font Plugin oleh Honso, dan lain sebagainya.

Adapun untuk keyboard aksara Bali PC, sampai saat artikel ini ditulis saya belum menemukan penambahan aksara Bali pada setelan Windows, dan bahkan aplikasinya saja belum ada di internet. Mungkin jika suatu saat telah tersedia, akan saya buatkan lagi tutorialnya pada artikel yang lain.

Kesimpulan

Keyboard aksara Bali telah tersedia pada aplikasi Gboard - Keyboard dari Google di setiap smartphone Android dan Anda hanya perlu menambahkan bahasanya saja pada menu Setelan tambahan. Adapun untuk menggunakannya, cukup dengan menekan dan tahan tombol spasi pada Gboard sampai muncul menu Ubah keyboard. Dan sampai saat ini, keyboard aksara Bali untuk PC belum tersedia untuk digunakan.

Nah itulah pembahasan keyboard aksara Bali untuk ponsel Android beserta cara memasang dan menggunakannya. Jika ada suatu hal yang ingin Anda tanyakan, silakan manfaatkan kotak komentar yang ada di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keyboard Aksara Bali untuk Android dan Cara Menggunakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel