Cara Mengaktifkan Dark Mode atau Night Mode di Google Chrome, Opera, dan UC Browser Android - Salam Tekno

Cara Mengaktifkan Dark Mode atau Night Mode di Google Chrome, Opera, dan UC Browser Android

Setelah pada artikel yang lalu saya membahas aplikasi untuk membuka URL atau yang disebut sebagai aplikasi browser, kini saatnya saya membahas bagaimana cara mengaktifkan dark mode atau night mode yang merupakan fitur yang dimiliki oleh aplikasi browser tersebut yang dalam hal ini adalah Google Chrome, Opera Browser, dan UC Browser.

cara mengaktifkan dark mode browser

Sesuai namanya, dark mode alias night mode adalah fitur untuk mengubah tampilan (interface) browser menjadi gelap, sehingga cocok untuk digunakan ketika Anda sedang melakukan browsing di ruangan yang tingkat pencahayaannya minim. Bahkan berdasarkan pemaparan Google, dark mode browser juga dapat menghemat daya baterai Android Anda hingga 50 persen dari biasanya. Menarik bukan?
Baca juga: Cara kunci dan buka layar Xiaomi tanpa tombol power
Guna melindungi mata Anda ketika browsing, tentunya mengaktifkan fitur dark mode pada aplikasi browser yang sedang Anda gunakan bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda coba. Dan berikut ini adalah tutorial mengenai cara mengaktifkan dark mode pada aplikasi Google Chrome, Opera Browser, dan UC Browser. Silakan Anda ikuti apabila ingin mencobanya.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Browser Android

Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada aplikasi browser Android sebenarnya sangatlah mudah, terutama pada Opera dan UC Browser. Adapun untuk Chrome night mode, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sekaligus lakukan terlebih dahulu. Apa saja itu? Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Chrome

Cara membuat Google Chrome dark mode, cek terlebih dahulu Chrome yang terpasang pada ponsel Anda sudah versi 74 ke atas. Adapun untuk cara mengeceknya, pergi ke Setelan Chrome kemudian pilih menu Tentang Chrome yang berada di paling bawah.

Jika Google Chrome pada ponsel Android Anda belum versi 74, Anda harus mengupdatenya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Anda bisa membaca dan mempraktikkan tutorial mengenai cara memperbarui aplikasi Android pada artikel yang lalu untuk membantu Anda.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, kini Anda dapat menikmati mode gelap Chrome dengan mengaktifkannya terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya, buka aplikasi Chrome pada ponsel Anda kemudian ketikkan "chrome://flags" tanpa tanda petik pada Address Bar.

address bar chrome

Carilah flag yang bernama "Android Chrome UI dark mode" dengan memanfaatkan kotak pencarian Search flags yang ada di sana, tap drop down menu yang ada di bawahnya kemudian pilih Enabled. Terakhir, restart ulang aplikasi Chrome Anda dengan mentap tombol Relaunch Now yang muncul. Sampai disini, Google Chrome Anda akan tertutup dan terbuka kembali secara otomatis.

android chrome ui dark mode

Buka Setelan Chrome melalui titik tiga vertikal di sebelah kanan atas dan pilih Setelan. Anda akan menjumpai menu Dark mode di sana yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Tap dan buka menu darkmode google chrome tersebut.

chrome night mode

Turn on dark mode Chrome tersebut dengan mentap tombol slider hingga berwarna biru yang berada di samping kanan menu Aktif. Setelah itu, maka tampilan aplikasi Chrome Anda akan berubah menjadi gelap dan cara mengaktifkan mode malam di Chrome akhirnya selesai.

turn on dark mode chrome

Cara Mengaktifkan Mode Malam di Opera

Berbeda dengan Google Chrome, cara mengaktifkan mode atau tampilan malam pada Opera Browser ini jauh lebih mudah karena Anda hanya tinggal mengaktifkannya saja. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya?

Buka aplikasi Opera Browser yang telah terpasang pada ponsel Anda, tap ikon Opera yang terletak di pojok kanan bawah kemudian pilih menu Pengaturan.

pengaturan opera

Di dalam pengaturan Browser, Anda akan menjumpai menu Tampilan malam di sana. Tap dan buka menu tersebut kemudian tap slider di sebelah kanan atas untuk mengaktifkannya. Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan dan menggunakan tema gelap seperti halnya pada Google Chrome. Selesai.

mengaktifkan mode malam opera

Cara Mengaktifkan Night Mode di UC Browser

Cara mengaktifkan night mode di UC Browser jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan dua aplikasi browser sebelumnya. Cukup Anda buka aplikasi UC Browser, tap menu pilihan yang berada di tengah bawah, kemudian pilih menu Malam, dan selesai.

night mode uc browser

Kesimpulan

Cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome mengharuskan Anda untuk memperbarui terlebih dahulu aplikasinya ke versi 74 ke atas, mengaktifkan mode malam di Opera Browser dan UC Browser sangat mudah karena fiturnya telah ada sendiri saat dipasang dan Anda hanya tinggal mengaktifkannya saja melalui menu Pengaturan yang dimilikinya.

Itulah bagaimana cara mengaktifkan dark mode di aplikasi browser Android terutama pada Chrome, Opera, dan UC Browser. Jika Anda memiliki suatu permasalahan mengenai Android dan komputer, silakan hubungi saya melalui laman Contact Us yang ada di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Dark Mode atau Night Mode di Google Chrome, Opera, dan UC Browser Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel