Cara Memperbarui Semua Aplikasi Android dalam Sekali Sentuh - Salam Tekno

Cara Memperbarui Semua Aplikasi Android dalam Sekali Sentuh

Apakah Anda ingin selalu menikmati fitur-fitur terbaru dari sebuah aplikasi android? Atau mungkin beberapa aplikasi di ponsel Anda telah kadaluarsa? Tenang saja, artikel Salam Tekno kali ini akan membahas bagaimana cara memperbarui aplikasi di android Anda hanya dalam sekali sentuh saja.

Cara memperbarui aplikasi ini memang perlu diketahui dan dilakukan oleh setiap pengguna smartphone, khususnya Android. Hal ini tentunya agar aplikasi-aplikasi tersebut tetap up to date, dan Anda juga dapat terus menikmati fitur-fitur yang sudah dan akan hadir nantinya.

cara memperbarui semua aplikasi android

Sebenarnya cara memperbarui semua aplikasi android ini telah sedikit saya jelaskan pada beberapa artikel-artikel sebelumnya yakni cara memperbarui aplikasi instagram, pembaruan aplikasi facebook, dan cara memperbarui whatsapp yang kadaluarsa. Silahkan kunjungi artikel tersebut jika Anda tertarik untuk membacanya.

Cara Memperbarui Semua Aplikasi Android

Cara Memperbarui Aplikasi di Play Store

Google Play Store sebagai toko aplikasi dan game Android terbesar memang sangat bisa diandalkan untuk memperbarui semua aplikasi yang telah terpasang pada ponsel. Pada tutorial-tutorial sebelumnya, saya juga selalu merekomendasikan Play Store sebagai tool pertama dalam pembaruan sistem aplikasi. Berikut langkah-langkahnya.


Buka aplikasi Google Play Store, tap ikon main menu yang berikon garis tiga horizontal, dan pilih Aplikasi & game saya.

Aplikasi & game saya

Terdapat tiga tab menu yang akan Anda lihat di sana, yakni pembaruan, terinstal, dan koleksi. Untuk memperbarui aplikasi, tentunya Anda harus berada pada tab Pembaruan.

pembaruan, terpasang, koleksi

Pada tab Pembaruan ini Anda akan melihat daftar aplikasi yang perlu untuk Anda update. Untuk memperbarui semua aplikasi android tersebut, tap Update Semua. Anda juga tentu bisa mengupdate satu per satu aplikasi yang ada di daftar tersebut. Oleh karena judul artikel ini adalah cara memperbarui semua aplikasi android, saya akan mentap Update Semua.

update semua aplikasi android

Semua aplikasi android tersebut akan didownload dan diupdate otomatis sesuai dengan urutan tempatnya.

proses pembaruan aplikasi

Untuk melihat aplikasi yang telah diperbarui, gulir ke bawah dan Anda akan menemukan daftar aplikasi pada menu Baru diupdate.

daftar aplikasi baru diupdate

Cara Memperbarui Aplikasi Android Tanpa Play Store

Jika Anda tidak bisa memperbarui aplikasi di play store, bisa jadi telah terjadi kerusakan pada aplikasi Google Play Store di ponsel Anda, atau mungkin bahkan Play Store di ponsel Anda juga butuh pembaruan ke versi terbaru.

Cara memperbarui aplikasi play store dan memperbaikinya telah saya jelaskan pada artikel terdahulu mengenai cara download play store gratis. Silahkan kunjungi jika dirasa itu dapat membantu Anda untuk update google play store.

Namun, ada alternatif  aplikasi lain selain Play Store yang bisa Anda gunakan untuk memperbarui semua aplikasi android. Aplikasi tersebut bernama APK Updater. Anda dapat mengunduhnya gratis melalui tautan di bawah ini.

Download | APK Updater (Gratis)

Pasang dan buka APK Updater yang telah Anda unduh. Anda akan melihat tiga buah menu di sana, yakni Installed, Updates, dan Search. Untuk memperbarui aplikasi, tentu saja bisa Anda lakukan pada menu Updates.

menu apk updater
Untuk mengecek aplikasi yang meminta update, klik ikon yang berada di sebelah kanan bawah. Dalam sekejap akan tampil beberapa aplikasi android yang memerlukan pembaruan.

cara memperbarui aplikasi tanpa play store

Dibanding dengan Play Store, APK Updater ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah dia tidak bisa memperbarui semua aplikasi sekaligus, artinya Anda harus melakukan update aplikasi satu persatu.

Klik Install pada salah satu aplikasi yang akan diperbarui dan tunggu proses pengunduhan berlangsung.

proses pengunduhan pembaruan

Kekurangan kedua APK Updater ini adalah dia tidak bisa memasang aplikasi hasil pengunduhan tadi secara otomatis, dengan kata lain Anda harus memasangnya manual. Tap Pasang jika muncul pemberitahuan pemasangan pembaruan aplikasi.

memasang pembaruan

Di tengah proses pemasangan berlangsung, akan muncul peringatan Google Play Protect. Tap Izinkan.

google play protect

Cara memperbarui aplikasi dengan APK Updater selesai, status aplikasi akan berubah menjadi Installed.

aplikasi terinstal

Memperbarui Aplikasi yang Tidak Ada di Play Store

Tidak semuanya aplikasi android dapat Anda temukan di Google Play Store. Kebanyakan, aplikasi yang tidak ada di Play Store saat ini adalah aplikasi hasil modifikasi dari aplikasi resminya. Seperti misalnya YoWhatsapp, GBWhatsapp, dan Fouad yang merupakan aplikasi modifikasi dari Whatsapp Messenger.

Cara memperbarui aplikasi yang tidak ada di Play Store seperti aplikasi whatsapp mod, Anda harus melakukannya melalui website resmi dari aplikasi tersebut. Saya telah membahasnya pada artikel sebelumnya mengenai cara memperbarui YoWhatsapp, dan saya rasa semua aplikasi yang tidak ada di Play Store cara memperbaruinya sama seperti pada artikel tersebut. Oleh karena itu, saya tidak akan membahasnya lebih lanjut mengenai hal ini.

Cukup sekian tutorial kali ini mengenai cara memperbarui semua aplikasi android yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, saran, maupun kritik, Anda dapat menuliskannya melalui kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbarui Semua Aplikasi Android dalam Sekali Sentuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel