Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis untuk Skripsi dengan Mudah - Salam Tekno

Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis untuk Skripsi dengan Mudah

Artikel Salam Tekno kali ini akan membahas bagaimana cara mencari jurnal internasional gratis dengan mudah di internet. Bagi Anda seorang mahasiswa semester akhir, artikel ini mungkin akan sangat membantu dalam mencari bahan referensi untuk skripsi yang sedang Anda kerjakan sebagai tugas akhir sekaligus menjadi persyaratan untuk wisuda Anda.

cara mencari jurnal internasional

Sebelum lebih lanjut ke cara mencari jurnal internasional, ijinkan saya untuk membahas terlebih dahulu apa itu jurnal, jurnal internasional, serta beberapa situs yang menyediakan contoh jurnal internasional secara gratis berikut langkah-langkah mendapatkannya.

Dikutip dari Wikipedia, jurnal adalah tulisan yang memuat artikel dalam suatu bidang ilmu tertentu yang ditulis oleh seorang yang berkompeten di bidangnya dan biasanya diterbitkan di dalam suatu instansi atau lembaga seperti pendidikan, dan lain-lain.

Sebuah jurnal yang telah memenuhi beberapa kriteria tertentu dapat dikategorikan sebagai jurnal internasional. Kriteria tersebut seperti misalnya memiliki ISSN (International Standard Serial Number / Nomor Seri Standar Internasional), ditulis menggunakan bahasa resmi PBB (Inggris, Arab, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Tiongkok), terindeks oleh database internasional, dan lain sebagainya.
Ketika Anda hendak masuk kuliah, salah satu persyaratan yang harus dilengkapi adalah kartu NISN bukan? Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat mencari NISN siswa melalui situs Kemendikbud atau dengan aplikasi cek dan cetak kartu NISN bernama Cek NISN New.

Cara Mencari Jurnal Internasional dengan Mudah

Salah satu kriteria sebuah jurnal dapat menjadi jurnal internasional adalah telah terindeks oleh database internasional yang mana database tersebut merupakan sebuah situs atau website yang dapat ditemukan di internet.

Oleh karena itu, cara mencari jurnal internasional untuk skripsi yang saya bahas kali ini adalah dengan mengunjungi situs penyedia jurnal internasional tersebut dan mengunduh jurnal yang ada di dalam database-nya.

Semua jurnal internasional yang tersedia di dalam database website tersebut pastinya memiliki reputasi yang baik sehingga bisa dijadikan sebagai acuan bagi dosen/peneliti maupun mahasiswa dalam mempublikasikan artikel ilmiah terkait hasil-hasil penelitian, Skripsi, Thesis, maupun Disertasi.

Website Penyedia Jurnal Internasional Gratis

Terdapat ribuan jurnal yang mengatasnamakan jurnal internasional, namun tidak semua jurnal tersebut merupakan jurnal yang benar dan diakui oleh Kemristek Dikti. Lalu situs apa sajakah yang benar dan diakui untuk mencari jurnal internasional tersebut? Berikut beberapa rekomendasinya.

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ (Directory of Open Access Journals) adalah direktori online yang dikembangkan oleh komunitas secara independen yang mengindeks dan menyediakan akses ke jurnal terbuka yang berkualitas tinggi. DOAJ mengoperasikan program pendidikan dan penjangkauan di seluruh dunia, dengan fokus pada peningkatan kualitas aplikasi yang diajukan.

Semua dana yang dimiliki DOAJ seluruhnya adalah melalui donasi, di mana 40% di antaranya berasal dari sponsor dan 60% dari anggota dan anggota penerbit. Semua layanan yang disediakan DOAJ 100% gratis, termasuk jurnal internasional yang diindeks di dalamnya.

Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Akses situs DOAJ melalui URL https://doaj.org pada aplikasi browser di desktop maupun gadget Anda.

akses jurnal internasional DOAJ

Cari jurnal internasional yang Anda butuhkan dengan mengetikkan kata kunci pada kotak penelusurannya. Sebagai contoh, saya akan mencari jurnal internasional kesehatan dengan kata kunci "health technology".

mencari jurnal internasional kesehatan

Catatan: Anda harus mencari jurnal dalam bahasa Inggris karena salah satu kriteria yang dimiliki jurnal internasional adalah ditulis menggunakan bahasa resmi PBB di mana bahasa Inggris adalah salah satunya.

Pilihlah jurnal internasional yang menurut Anda relevan dan cocok dijadikan sebagai rujukan bagi skripsi yang sedang Anda kerjakan.

memilih jurnal internasional

Informasi jurnal mulai dari judul, nomor ISSN, penerbit, penulis, abstrak, dan sebagainya akan terlihat untuk dijadikan daftar pustaka bagi skripsi Anda. Untuk mendapatkan jurnal tersebut, klik Full Text yang berada di samping abstrak.

informasi jurnal

Anda akan dialihkan ke halaman situs download jurnal yang Anda pilih sebelumnya. Meskipun jurnal yang satu dengan jurnal yang lain terletak di halaman situs download yang berbeda, namun semuanya memiliki tombol Download untuk mendapatkan jurnal tersebut. Klik tombol Download tersebut setelah Anda menemukannya.

download file jurnal internasional

Cara mencari jurnal internasional sekaligus mengunduhnya di situs DOAJ selesai. Lanjut ke rekomendasi situs berikutnya.

2. SCOPUS

SCOPUS adalah database penyedia contoh jurnal internasional selanjutnya yang saya rekomendasikan. Layanan ini memiliki kurang lebih 22.000 judul jurnal ilmiah internasional dari 5.000 penerbit, di mana 20.000 di antaranya merupakan jurnal di bidang sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial (termasuk kesenian dan humaniora).

Layanan SCOPUS ini dimiliki oleh Elsevier dan tersedia secara online dengan model berlangganan alias berbayar. Namun, ada sebuah situs yang menyediakan database jurnal dari SCOPUS ini secara cuma-cuma untuk Anda dapatkan. Situs tersebut bernama Sciencedirect. Berikut tutorialnya.

Cara Mencari Jurnal Internasional di Sciencedirect

Akses situs Sciencedirect yang memiliki alamat URL https://www.sciencedirect.com/ pada aplikasi browser di perangkat yang Anda gunakan.

Silakan cari jurnal apa yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, saya akan mencari jurnal internasional ekonomi dengan kata kunci "digital economies".

mencari jurnal internasional di sciencedirect

Pilih dan buka jurnal yang menurut Anda cocok untuk dijadikan sumber referensi untuk penulisan skripsi Anda.

mencari jurnal ekonomi

Untuk mendapatkan jurnal internasional yang telah Anda pilih tadi, klik tombol Download di sebelah atas dan pilih Download this article.

download this article

Jurnal internasional yang Anda pilih akan terbuka, Anda bisa cek materi di dalamnya terlebih dahulu apakah bisa dijadikan sumber rujukan atau tidak. Untuk mendownload jurnal internasional tersebut, klik tombol Download di bagian bawah.

download pdf jurnal

3. Google Scholar

Sebagai mesin pencari nomor satu di dunia internet, Google tentunya juga memiliki layanan untuk mencari jurnal internasional yang berkualitas di dalamnya. Layanan tersebut adalah Google Scholar atau Google Cendekia dalam bahasa Indonesianya.

Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar telah saya bahas sebelumnya pada artikel mengenai cara download file PDF di Google. Silakan Anda kunjungi artikel tersebut untuk mengikuti langkah-langkahnya di sana.

Pelajari lebih lengkap dan detail bagaimana cara mencari jurnal berkualitas dan mendownloadnya secara gratis melalui video di bawah ini.


Lihat koleksi contoh jurnal internasional mulai dari ilmu pendidikan, ekonomi, kesehatan, lingkungan dan lain-lain yang telah saya kumpulkan melalui situs di atas. Khusus untuk jurnal internasional pendidikan, telah saya kumpulkan dari berbagai pembahasan ilmu pendidikan seperti matematika, bahasa Indonesia dan Inggris, karakter, seni, Islam, dan Sekolah Dasar.

Demikianlah tutorial dan langkah-langkah cara mencari jurnal internasional gratis untuk skripsi dengan mudah melalui database penyedia contoh jurnal internasional seperti DOAJ, SCOPUS, dan Google Scholar. Jika Anda mempunyai rekomendasi layanan situs akses jurnal internasional yang lain, silakan beritahukan melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis untuk Skripsi dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel