Rekomendasi Website Jurnal Internasional Berkualitas yang telah Diakui oleh Kemristek Dikti - Salam Tekno

Rekomendasi Website Jurnal Internasional Berkualitas yang telah Diakui oleh Kemristek Dikti

Apakah Anda sedang membutuhkan sebuah contoh jurnal internasional namun belum mengetahui dimana mendapatkannya? Tak perlu khawatir, karena pada artikel Salam Tekno kali ini saya akan merekomendasikan beberapa situs website penyedia jurnal internasional yang berkualitas yang tentunya dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam berbagai penulisan karya ilmiah.

website jurnal internasional

Perlu Anda ketahui, sebuah jurnal dapat dikategorikan sebagai jurnal internasional apabila telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan. Salah satu kriteria tersebut adalah jurnal tersebut telah terindeks pada database internasional.

Database tersebut tak lain dan tak bukan merupakan situs website jurnal internasional yang layanannya dapat diakses secara online melalui media internet.

Akan tetapi, tidak semua website jurnal internasional yang ada di internet memiliki jurnal yang berkualitas dan bereputasi baik di dalamnya, apalagi hingga diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Lalu website apa saja yang menyediakan jurnal internasional yang berkualitas baik sekaligus diakui oleh Kemristek Dikti sebagai bahan referensi penulisan karya ilmiah? Berikut beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Website Jurnal Internasional Berkualitas

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

website jurnal internasional DOAJ

Rekomendasi website jurnal internasional pertama adalah DOAJ (Directory of Open Access Journals) yang merupakan sebuah direktori online yang dikembangkan oleh komunitas secara independen yang mengindeks dan menyediakan akses ke jurnal terbuka yang berkualitas tinggi.

DOAJ mengoperasikan program pendidikan dan penjangkauan di seluruh dunia, dengan fokus pada peningkatan kualitas aplikasi yang diajukan.

Dana yang dimiliki DOAJ seluruhnya adalah hasil donasi, di mana 40% di antaranya berasal dari sponsor dan 60% dari anggota dan anggota penerbit. Semua layanan yang disediakan DOAJ 100% gratis, termasuk jurnal internasional yang terindeks di dalamnya.

Anda bisa mengakses jurnal internasional berkualitas di database DOAJ melalui tautan https://doaj.org/.

2. SCOPUS

situs jurnal internasional SCOPUS

Website jurnal internasional berikutnya yang diakui oleh Kemristek Dikti adalah SCOPUS. Layanan ini memiliki kurang lebih 22.000 judul jurnal ilmiah internasional dari 5.000 penerbit, di mana 20.000 di antaranya merupakan jurnal di bidang sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial (termasuk kesenian dan humaniora).

Layanan SCOPUS ini dimiliki oleh Elsevier dan tersedia secara online dengan model berlangganan alias berbayar. Namun, ada sebuah situs yang menyediakan database jurnal dari SCOPUS ini secara gratis untuk Anda dapatkan. Website jurnal internasional gratis tersebut bernama Sciencedirect.

Anda bisa mendapatkan jurnal internasional dari database SCOPUS di website Sciencedirect melalui tautan https://sciencedirect.com.

3. Springer

akses jurnal internasional Springer

Springer adalah situs jurnal internasional milik perusahaan global asal Jerman yang bergerak di bidang penerbitan buku, buku elektronik, dan jurnal ilmiah seputar sains, teknik, medis, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, situs satu ini telah tercatat memiliki lebih dari 88.000 judul buku elektronik yang tersedia dalam 18 kategori koleksi.

Anda dapat menikmati akses ke jurnal internasional secara gratis di situs ini melalui salah satu layanannya bernama Springer Link pada tautan https://link.springer.com/. Lebih dari 10 juta tulisan ilmiah tersedia di sana, dimana 6 juta lebih di antaranya merupakan artikel jurnal internasional.

4. Wiley Online Library

wiley online library

Wiley Online Library (Perpustakaan Daring Wiley) adalah situs website perpustakaan berbasis langganan (berbayar) milik perusahaan John Wiley & Sons asal Amerika Serikat yang diluncurkan pada 7 Agustus 2010, menggantikan Wiley InterScience.

Wiley Online Library memberikan akses berbayar kepada anggotanya ke lebih dari 4 juta artikel dari 1,500 jurnal internasional, lebih dari 14,000 buku, ratusan karya referensi, dan protokol laboratorium yang mencakup ilmu hayati, kesehatan, dan fisika serta ilmu sosial dan humaniora.

Meskipun begitu, ternyata Wiley Online Library juga memberikan akses jurnal internasional secara gratis melalui layanannya bernama Wiley Open Access yang dapat dibuka melalui tautan https://authorservices.wiley.com/open-research/open-access/index.html.

Semua artikel penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Wiley Open Access tersebut tersedia secara bebas untuk dibaca, diunduh, dan dibagikan. Wiley Open Access menerbitkan sejumlah jurnal online lintas ilmu biologi, kimia, dan kesehatan.

Itulah beberapa rekomendasi website jurnal internasional berkualitas yang telah diakui oleh Kemristek Dikti sebagai sumber referensi penulisan karya ilmiah. Lalu, bagaimana mendapatkan jurnal internasional yang ada di situs-situs tersebut? Secara lengkap telah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai cara mencari jurnal internasional gratis.

Selain itu, di artikel sebelumnya juga telah saya bagikan contoh jurnal internasional yang telah saya dapatkan dari situs di atas, mulai dari jurnal internasional pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki rekomendasi website jurnal internasional gratis yang berkualitas, Anda dapat menginformasikannya kepada saya dan pengunjung lainnya melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rekomendasi Website Jurnal Internasional Berkualitas yang telah Diakui oleh Kemristek Dikti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel