Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda Beserta Gambarnya - Salam Tekno

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda Beserta Gambarnya

Iklan layanan masyarakat bahasa Sunda adalah sebuah iklan berbahasa Sunda yang menyajikan pesan-pesan moral dan sosial dengan tujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang tengah mereka hadapi, seperti misalnya masalah lingkungan, kesehatan, gaya hidup, dan lain sebagainya.

iklan layanan masyarakat bahasa sunda

Sama halnya dengan iklan kebanyakan, iklan layanan masyarakat bahasa Sunda juga dapat Anda jumpai pada berbagai bentuk dan media yang ada saat ini. Misalnya saja berbentuk video yang ditayangkan di media televisi dan internet, bentuk audio yang didengarkan melalui media radio, maupun dalam bentuk gambar yang bisa Anda lihat pada media koran, majalah, buletin, dan sebagainya.

Untuk melihat contoh iklan layanan masyarakat dalam bentuk video, saya telah membuat dan menguploadnya pada situs berbagi video Youtube. Silakan kunjungi channel (saluran) Youtube bernama Salam Tekno atau juga bisa dengan mengunjungi artikel sebelumnya pada blog ini yang berisi tentang iklan layanan masyarakat bahaya merokok, disana Anda juga akan melihat sinopsis dari iklan tersebut.

Adapun contoh iklan layanan masyarakat bahasa Sunda yang ada pada artikel ini adalah berupa gambar seperti yang biasa Anda lihat pada koran maupun majalah. Gambar iklan layanan masyarakat dalam bahasa Sunda tersebut adalah hasil desain saya sendiri dengan background yang diambil dari situs penyedia gambar berlisensi gratis bernama Freepik.

Walau terlihat sederhana dan kurang menarik, namun saya harap gambar iklan bahasa Sunda ini bisa membantu para murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam memenuhi tugas rumah yang diberikan gurunya. Karena sejauh yang saya tahu, saat ini masih sedikit sekali blog maupun website yang menyediakan iklan layanan masyarakat bahasa Sunda beserta gambarnya, sehingga hal ini membuat para murid mengalami kesulitan.

Dan sekedar tambahan, jika Anda tertarik untuk mempelajari segala hal tentang bahasa Sunda, Anda bisa mengunjungi tiga artikel blog ini sebelumnya yang membahas mengenai terjemahan ke aksara Sunda, aplikasi translate aksara Sunda untuk Android, dan kumpulan font aksara Sunda Unicode. Ketiganya merupakan alat untuk mempermudah penulisan aksara Sunda secara digital pada komputer maupun mobile.

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Iklan layanan masyarakat bahasa Sunda di bawah ini saya bagi ke dalam tiga sub permasalahan yang umumnya ada dan dialami oleh masyarakat luas, yakni mengenai kesehatan, lingkungan, dan sosial atau gaya hidup. Adapun untuk masalah pendidikan, agama, dan lainnya mungkin akan saya tambahkan pada artikel yang lain jika banyak yang meminta kepada saya untuk membuatkan.

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda tentang Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu faktor yang pasti selalu ingin dapat dinikmati oleh setiap orang. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, tentu menjadi hal yang dapat mempermudah dan memperlancar setiap aktivitas yang sedang dikerjakan. Banyak orang sakit yang rela mengeluarkan biaya yang besar untuk sehat, namun tidak sedikit pula orang sehat yang malah mengabaikan kesehatannya dengan pola hidup yang salah.

Dua di antara contoh pola hidup yang salah tersebut adalah penyalahgunaan Narkoba dan juga merokok. Dan iklan bahasa Sunda di bawah ini saya buat sebagai peringatan bahwa dua hal tersebut harus dijauhi oleh setiap orang.

#1 Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda tentang Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba kian hari kian mengkhawatirkan. Dan mirisnya, sebagian besar penggunanya adalah remaja yang merupakan generasi penerus masa depan bangsa. Rasa ingin tahu, ajakan teman sepergaulan, dan bahkan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak bisa menjadi pemicu seorang remaja terjerus ke dalam hal buruk ini.

iklan tentang bahaya narkoba

Contoh iklan layanan masyarakat bahasa Sunda tentang bahaya Narkoba saya buat dengan kalimat "Salametkeun barudak urang tina bahaya nyelewengkeun Narkoba" yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi "Selamatkan anak-anak kita dari bahaya penyalahgunaan Narkoba". Iklan ini ditujukan khusus kepada orang tua dan orang di sekelilingnya agar selalu sadar akan bahaya Narkoba yang tengah mengincar anak-anak mereka sebagai sasaran.

#2 Iklan Bahaya Merokok dalam Bahasa Sunda

Seakan telah menjadi hal yang baik, merokok kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Mereka tahu apa dampak buruk dari merokok ini, namun seolah melupakan dan mengabaikannya dengan berbagai alasan. Hal ini tentu harus dihentikan karena lama-kelamaan pasti kemungkinan hal-hal buruk akan terjadi pada tubuh mereka tanpa disadari.

iklan stop merokok bahasa sunda

"Pareuman rokok saacan rokok maehan maneh!" atau dalam bahasa Indonesianya "Matikan rokok sebelum rokok membunuhmu!" menjadi peringatan yang tepat bagi para perokok agar mereka sadar dan menghentikan apa yang selama ini mereka hisap.

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda tentang Lingkungan

Contoh iklan layanan masyarakat bahasa Sunda tentang lingkungan lebih saya angkat pada masalah sampah dan juga kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menanam pohon. Karena pasti dengan berkurangnya sampah ditambah dengan banyaknya pohon, akan membuat lingkungan menjadi bersih dan sejuk sehingga nyaman untuk ditempati oleh setiap orang.

#1 Iklan Larangan Membuang Sampah Sembarangan

Iklan layanan masyakat bahasa Sunda tentang larangan membuang sampah sembarangan lebih saya tujukan kepada anak-anak sebagai generasi milenial. Meskipun begitu, iklan ini juga bisa berlaku untuk semua kalangan yang masih kurang peduli akan lingkungan yang bersih.

iklan lingkungan tentang buah sampah

"Piceun runtah kana tempatna! Generasi milenial kedah eling kana kabersihan ti mana bae" yang dalam bahasa Indonesia berbunyi "Buanglah sampah pada tempatnya! Generasi milenial harus sadar akan kebersihan di mana saja" menjadi slogan yang saya rasa sesuai dengan semua objek yang ada di dalam gambar.

#2 Gerakan Menanam Pohon dalam Iklan Bahasa Sunda

Terdapat tiga pesan dalam gambar iklan bahasa Sunda yang saya buat, yakni Lestarikan Pohon (Lestarikeun Tangkal), Selamatkan Bumi (Salamatkeun Bumi), dan Stop Global Warming. "Hayu janten pahlawan pikeun Bumi urang" merupakan kalimat ajakan untuk semua orang agar selalu merawat dan menjadi pahlawan bagi Bumi yang mereka tinggali, dan salah satu caranya adalah dengan menanam pohon.

iklan menanam pohon

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda tentang Kehidupan Sosial

#1 Stop Penyebaran Berita Hoax

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia tengah digegerkan dengan munculnya berita-berita palsu (hoax) yang tidak jelas kebenarannya, bahkan sampai ada kasus yang sampai merugikan pihak yang diberitakan. Untuk itu, iklan layanan masyarakat ini saya buat sebagai peringatan sekaligus nasihat agar masyarakat selalu melakukan klarifikasi, konfirmasi, dan validasi terhadap setiap informasi atau berita yang diterimanya di internet.

iklan bahaya berita hoax

#2 Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan

Salah satu dampak yang akan terjadi jika masyarakat tidak berhati-hati terhadap berita hoax adalah terpecahnya persatuan dan kesatuan bangsa yang telah dibangun selama ini, dan hal itu kini telah jelas terasa dan terjadi di tengah masyarakat.

Untuk itu, iklan layanan masyarakat yang terakhir ini saya buat untuk mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa demi terwujudnya Pembangunan Nasional yang selama ini menjadi cita-cita bersama.

iklan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

Itulah beberapa contoh iklan layanan masyarakat bahasa Sunda dan gambarnya yang dapat saya bagikan kali ini. Saya yakin pasti ada salah satu gambar di atas yang akan berada di penelusuran gambar Google, untuk itu silakan kunjungi artikel tutorial cara download gambar di Google agar gambar yang akan Anda dapatkan berkualitas HD sesuai aslinya.

Kesimpulan

Iklan layanan masyarakat bahasa Sunda beserta gambarnya yang saya sediakan pada artikel ini terbagi ke dalam tiga permasalahan, yakni masalah kesehatan yang mencakup tentang bahaya narkoba dan merokok, masalah lingkungan seperti sampah dan kurangnya kesadara masyarakat akan penanaman pohon, serta masalah sosial yang berisi bahaya berita hoax dan pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan antar masyarakat yang telah terpecah.

Demikianlah iklan layanan masyarakat bahasa Sunda dari tiga permasalahan yang sering dijumpai saat ini. Jika Anda memerlukan iklan dengan permasalahan yang lain atau masalah yang sama namun dengan gambar yang berbeda, Anda bisa menghubungi saya melalui menu Contact Us yang ada di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda Beserta Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel