Translate Aksara Sunda ke Latin dan Sebaliknya dengan Aplikasi Android - Salam Tekno

Translate Aksara Sunda ke Latin dan Sebaliknya dengan Aplikasi Android

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel mengenai terjemahan ke aksara Sunda, translate aksara Sunda merupakan alat yang dapat mempermudah Anda ketika mengetik maupun menulis abjad aksara Sunda secara digital pada komputer maupun Android.

translate aksara sunda

Alat translate aksara Sunda tersebut dapat Anda temukan di berbagai media saat ini seperti situs website maupun aplikasi (software) PC dan Android. Sayangnya, alat translate yang terdapat pada situs website di internet hanya dapat mengonversi kata latin menjadi aksara Sunda saja, tidak bisa sebaliknya.

Adapun untuk translate aksara Sunda menjadi tulisan latin, saat ini fiturnya hanya dapat Anda temukan pada sebuah aplikasi Android bernama Konverter Aksara Sunda buatan Ihsan Hasanudin, seseorang yang juga telah menciptakan aplikasi Keyboard Aksara Sunda, Jawa, dan Qur'an.

Dibanding aplikasi dan alat translate aksara Sunda lainnya, Konverter Aksara Sunda ini jauh lebih unggul karena memiliki fitur yang beragam. Dan berikut ini akan saya bahas beberapa hal dasar beserta keunggulan dan fitur dari aplikasi tersebut yang menjadikannya saya rekomendasikan untuk Anda gunakan.
Baca juga:
Translate Aksara Bali
Translate Jawa ke Aksara Jawa

Aplikasi Translate Aksara Sunda Android

Konverter Aksara Sunda

Sebelum saya bahas mengenai kelebihan dan fitur yang dimiliki oleh aplikasi Konverter Aksara Sunda, alangkah baiknya saya mulai dari informasi dasarnya terlebih dahulu, seperti cara mengunduh, memasang, dan bagaimana menggunakannya.

#1 Unduh, Pasang, dan Cara Menggunakan

Aplikasi Konverter Aksara Sunda telah tersedia di Play Store dan Anda hanya perlu mencarinya saja dengan mengetikkan kata kunci dari nama aplikasi tersebut. Atau, Anda juga bisa mengklik link di bawah ini untuk langsung menuju lokasi aplikasi tersebut di Play Store. Setelah terbuka, ketuk tombol Instal, maka proses pengunduhan dan pemasangan akan berlangsung secara otomatis.

instal konverter aksara sunda

Download | Konverter Aksara Sunda (Gratis)

Untuk menggunakan aplikasi translate aksara Sunda ini, Anda bisa mematikan koneksi internet pada ponsel Anda. Artinya, dengan online maupun offline, Anda akan tetap melakukan translate aksara Sunda ke latin maupun sebaliknya dengan baik tanpa kendala.

Cara mengonversi aksara Sunda menjadi latin atau sebaliknya pada aplikasi Konverter Aksara Sunda ini sangat lah mudah. Cukup Anda buka aplikasi tersebut dan tuliskan lah kata latin apa yang akan Anda ubah pada kotak yang bertuliskan "Serat Aksara Latin atanapi Aksara Sunda di dieu" yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "Tulis Aksara Latin atau Aksara Sunda di sini".

tulis aksara latin sunda

Anda bisa mencoba untuk translate aksara sunda baku, aksara sunda nama orang, translate aksara sunda ngalagena, dan lain sebagainya. Ketika Anda mengetik, maka pengonversian juga akan muncul bersamaan dengan kata apa yang Anda masukkan.

aksara sunda nama orang

Untuk translate aksara Sunda ke latin, Anda bisa pergi ke situs web translate menjadi aksara Sunda terlebih dahulu untuk menyalin aksara Sunda di sana kemudian menempelkannya pada aplikasi Konverter. Atau, bisa juga dengan langsung mengetikannya dengan memasang keyboard aksara Sunda terlebih dahulu seperti halnya memasang keyboard aksara Bali dan keyboard aksara Jawa pada artikel sebelumnya.

#2 Fitur dan Kelebihan Konverter Aksara Sunda

Ketika Anda sedang maupun telah selesai mengetik kata, maka akan muncul beberapa menu di bawah kotak hasil pengonversian. Menu-menu tersebut adalah fitur unggulan dari aplikasi Konverter Aksara Sunda yang tidak dimiliki oleh aplikasi maupun alat translate aksara Sunda yang lainnya. Berikut adalah beberapa menu atau fitur yang dapat saya bahas pada artikel kali ini.
  • Tampilan UI (User Interface) yang elegan dan penggunaan Bahasa Sunda sebagai bahasa pengantarnya.
  • Translate latin ke aksara Sunda maupun sebaliknya secara offline.
  • GBR (Gambar), fitur untuk menyimpan atau ekspor hasil pengonversian ke dalam bentuk gambar berformat .png. Gambar akan disimpan di dalam folder Penyimpanan Internal > Pictures > KonverterAksaraSunda.
  • Salin Hasil, fitur untuk menyalin (copy) tulisan aksara Sunda maupun latin hasil pengonversian.
  • Ucapkeun, fitur untuk mengucapkan kata atau kalimat yang Anda masukkan dengan suara perempuan lengkap dengan logat khas Sunda.
  • Hapus SDY, fitur untuk membersihkan dan mereset pengonversian kembali ke awal.

Itulah beberapa fitur dan kelebihan dari aplikasi Konverter Aksara Sunda yang tentunya masih banyak lagi fitur yang dimilikinya yang belum saya bahas. Untuk itu, silakan Anda pasang aplikasi tersebut dan cobalah semua fitur yang ada di dalamnya.

Kesimpulan

Translate aksara Sunda dapat Anda temukan berupa situs website maupun aplikasi (software) PC dan Android. Sayangnya, semua situs website yang ada di internet belum dapat melakukan konversi dari aksara Sunda menjadi tulisan latin. Translate aksara Sunda ke latin hanya ada fiturnya pada aplikasi Android bernama Konverter Aksara Sunda buatan Ihsan Hasanudin yang memiliki banyak sekali fitur unggul yang tidak dimiliki oleh alat translate lainnya.

Itulah pembahasan mengenai Konverter Aksara Sunda sebagai aplikasi translate aksara Sunda untuk Android yang kaya akan fitur di dalamnya. Jika Anda memiliki rekomendasi alat lain, silakan beritahu saya dan pengunjung lainnya melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Translate Aksara Sunda ke Latin dan Sebaliknya dengan Aplikasi Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel