Terjemahan (Translate) ke Aksara Sunda dari Kata Latin dan Sebaliknya - Salam Tekno

Terjemahan (Translate) ke Aksara Sunda dari Kata Latin dan Sebaliknya

Terjemahan ke aksara Sunda dari kata latin merupakan sebuah tool atau alat yang dapat mempermudah Anda dalam menulis aksara Sunda secara digital pada komputer maupun Android. Dan melalui artikel Salam Tekno kali ini, saya akan membahas beberapa alat translate aksara Sunda lengkap berdasarkan media yang digunakan oleh alat transliterasi tersebut.

terjemahan ke aksara sunda

Sama halnya translate aksara Bali, penggunaan alat terjemahan aksara Sunda juga hanya perlu melakukan penyalinan (copy) terhadap abjad aksara Sunda dari kata latin yang telah Anda ubah di dalamnya, kemudian menempelkannya (paste) pada program pengolah kata seperti Microsoft Word. Tentunya cara tersebut lebih singkat dibanding menggunakan On Screen Keyboard seperti pada artikel keyboard aksara Bali kemarin.

Dan agar tulisan aksara Sunda bisa terbaca ketika dipastekan nanti, di dalam komputer yang Anda miliki harus sudah terpasang font yang mendukung pengetikan aksara Sunda terlebih dahulu. Font aksara Jawa dan font Aksara Bali telah saya bagikan pada artikel sebelumnya, adapun font aksara Sunda bisa Anda download melalui tautan di bawah ini.

Download | Sundanese Font (Gratis)

Terjemahan ke Aksara Sunda

Ada tiga buah situs web dan satu aplikasi translate aksara Sunda Android yang akan saya bahas pada artikel ini, dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pilihlah salah satunya yang menurut Anda bagus untuk digunakan.

Situs Terjemahan Aksara Sunda

Bagi Anda yang menggunakan komputer, sebaiknya pasanglah font aksara Sunda yang telah saya sediakan link downloadnya di atas terlebih dahulu sebelum mengakses situs terjemahan ke aksara Sunda. Hal ini agar tulisan aksara Sunda hasil konversi bisa ditampilkan dengan baik.

Sayangnya, semua situs transliterasi aksara Sunda di bawah ini hanya dapat mengubah atau mengonversi kata latin menjadi aksara Sunda saja. Untuk fungsi sebaliknya, terjemahan (translate) aksara Sunda ke latin belum ada situs yang saya temukan dapat melakukannya.

#1 Kairaga

Situs terjemahan Sunda ke aksara Sunda pertama pada artikel ini adalah Kairaga yang merupakan nama dari seorang cendekiawan Sunda yang sangat produktif menulis dan menyalin teks-teks Sunda kuno.

Selain menyediakan tool translate aksara Sunda, situs yang diluncurkan pada 30 Mei 2009 ini juga berisi tulisan-tulisan mengenai manuskrip atau naskah aksara Sunda kuno baik asli maupun terjemahan. Selain itu, situs ini juga menampilkan berbagai informasi seputar pernaskahan kuno lainnya yang ada di Nusantara.

Cara mengonversikan teks latin menjadi teks aksara Sunda pada situs ini juga sangat mudah. Anda hanya cukup mengunjungi situs Kairaga melalui link https://www.kairaga.com/font-sunda/konversi-otomatis kemudian ketikan teks latin apa yang ingin Anda ubah. Anda bisa coba untuk mengubah aksara Sunda nama orang, terjemahan Indonesia ke aksara Sunda, translate aksara sunda baku, dan lain sebagainya.

#2 Konversi Aksara Sunda

Alat terjemahan ke aksara Sunda kedua yang akan saya bahas bernama Konversi Aksara Sunda milik seorang admin bernama Andy Online. Seperti yang saya sarankan di awal, Anda sudah harus memasang font yang saya bagikan di atas terlebih dahulu agar aksara Sundanya bisa terbaca dengan baik pada situs ini. Jika tidak, maka teks Sunda malah akan menjadi kotak-kotak kecil sehingga tidak dapat dibaca.

Untuk menggunakannya, bukalah situs Konversi Aksara Sunda melalui link http://konversiaksarasunda.blogspot.com pada browser yang terpasang di komputer dan Android Anda, kemudian masukanlah teks latin yang ingin Anda ubah tulisannya menjadi aksara Sunda. Ketika Anda mengetik, maka teks Sunda juga akan muncul bersamaan dengan apa yang Anda ketik.

#3 Jasinga

Situs translate teks latin ke aksara Sunda ketiga sekaligus terakhir di artikel ini bernama Jasinga. Tidak seperti dua situs di atas yang dibuat khusus sebagai alat konversi, Jasinga ini merupakan sebuah blog yang kebanyakan berisi artikel informasi mengenai berita dan tutorial, seperti halnya blog Salam Tekno yang sedang Anda kunjungi sekarang.

Alat konversi latin menjadi aksara Sunda sendiri baru ditambahkan oleh admin Jasinga sekitar bulan Juni 2017 yang lalu dan dapat diakses melalui tautan https://jasinga.com/konversi-aksara-latin-aksara-sunda/. Penggunaannya sama persis dengan dua situs di atas, sehingga tidak akan saya bahas kembali.

Sebenarnya masih ada satu lagi situs terjemahan ke aksara Sunda di internet, yakni Penerjemah Aksara Sunda yang berada di website Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Akan tetapi penggunaannya tidak cukup dengan hanya memasang font aksara Sunda saja, Anda juga harus mengganti font pada aplikasi browser yang Anda pakai dengan font Sundanese agar tulisan aksara Sunda bisa terlihat. Oleh karena itu, saya rasa cukup dengan tiga buah situs di atas saja.

Translate Aksara Sunda Android

Sebenarnya untuk pengguna ponsel Android, dengan mengunjungi tiga situs transliterasi aksara Sunda di atas juga sudah cukup. Namun bagi yang ingin mencoba cara lain, di bawah ini saya rekomendasikan aplikasi translate aksara Sunda Android yang harus Anda coba.

Aplikasi yang saya rekomendasikan tersebut bernama Konverter Aksara Sunda buatan Ihsan Hasanudin yang dapat Anda unduh dan pasang pada Google Play Store.

Konverter Aksara Sunda memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi dengan fungsi yang sama. Bahkan, fitur-fitur tersebut juga tidak dapat Anda temukan pada semua situs terjemah ke aksara Sunda di internet termasuk tiga situs yang telah saya bahas di atas.

Di antara fitur yang membuatnya saya rekomendasikan untuk Anda instal adalah sudah mendukung terjemahan aksara Sunda ke latin, salin (copy) tulisan hasil konversi, mempunyai menu untuk mengucapkan kalimat dengan suara dan logat khas gadis Pasundan, mengekspor hasil konversi menjadi gambar .png, dan lain-lain. Di samping itu, antarmuka pada aplikasi ini juga terlihat elegan dengan pemakaian bahasa Sunda sebagai bahasa pengantarnya.

Kesimpulan

Terjemahan ke aksara Sunda dari kata latin saya bagi ke dalam dua media, yaitu situs website dan aplikasi Android. Situs translate aksara Sunda di antaranya adalah Kairaga, Konversi Aksara Sunda, Jasinga, dan Penerjemah Aksara Sunda. Adapun aplikasi translate aksara Sunda Android yang saya rekomendasikan bernama Konverter Aksara Sunda buatan Ihsan Hasanudin yang banyak sekali memiliki fitur yang tidak dapat Anda temukan di alat translate lainnya.

Itulah beberapa alat terjemahan ke aksara Sunda dari kata latin dan sebaliknya yang bisa saya bagikan. Jika Anda mempunyai alat translate lain yang bisa dimanfaatkan, Anda bisa membagikannya pada pengunjung lainnya melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terjemahan (Translate) ke Aksara Sunda dari Kata Latin dan Sebaliknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel