7 Font Aksara Sunda Unicode Gratis untuk Anda Download - Salam Tekno

7 Font Aksara Sunda Unicode Gratis untuk Anda Download

Font aksara Sunda merupakan satu dari sekian banyak font tradisional Nusantara yang telah dibuat ke dalam bentuk komputerisasi, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk menulis naskah aksara Sunda secara digital baik pada komputer maupun pada perangkat mobile seperti Android, iOS, dan lain sebagainya.

font aksara sunda

Font aksara Sunda yang sangat berperan dalam upaya komputerisasi aksara Sunda adalah Ngalagena yang dirancang oleh Dian Tresna Nugraha dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 2005 silam. Font ini juga menjadi rintisan awal untuk pengajuan standarisasi aksara Sunda ke dalam program Unicode, sehingga aksara Sunda dapat diterima secara penuh dengan standarisasi yang baku sampai saat ini.

Beberapa font tradisional lainnya seperti font aksara Jawa dan font aksara Bali telah saya bagikan pada artikel yang lalu. Dan khusus untuk font aksara Sunda, saya akan membagikan link downloadnya pada artikel Salam Tekno kali ini yang mana semua font tersebut telah saya kumpulkan dari berbagai website yang ada di internet.

Ada banyak sekali font aksara Sunda yang saya dapatkan, namun tidak akan semua saya bagikan. Saya hanya akan membagikan font aksara Sunda Unicode saja yang dapat digunakan pada semua aplikasi yang ada di perangkat komputer maupun mobile. Font tersebutlah yang harus Anda pakai ketika proses copy paste tulisan aksara Sunda pada situs terjemahan ke aksara Sunda maupun pada aplikasi translate aksara Sunda seperti yang telah saya bahas kemarin.

Untuk mengetik aksara Sunda secara manual menggunakan font aksara Sunda yang saya bagikan di bawah ini, Anda membutuhkan keyboard aksara Sunda untuk mengetahui letak masing-masing huruf Sunda pada keyboard komputer. Anda bisa download driver keyboard aksara Sunda tersebut di internet maupun dengan cara menambahkannya seperti keyboard aksara Jawa yang telah saya bahas pada artikel yang lalu.

Download Font Aksara Sunda Gratis

#1 Font Sundanese Unicode

Sundanese Unicode adalah font hasil rancangan dari Tim Unicode Aksara Sunda yang telah distandarisasi tahun 2008 dengan versi v.1.0.5 dan telah menjadi font standar untuk gaya penulisan pada lomba menulis aksara Sunda di berbagai daerah, baik tingkat sekolah, kabupaten, sampai ke tingkat provinsi.

sundanese unicode

Sundanese Unicode telah mengalami revisi pada update versi 2 pada tahun 2013 dengan sedikit memperbaiki karakter huruf "Ja" di dalamnya. Meskipun sekarang font aksara Sunda Unicode 2013 adalah versi terbaru, namun hingga saat ini penyempurnaan masih terus dilakukan.

Download | Sundanese Unicode Font (Free)

#2 Noto Sans Sundanese

Font aksara Sunda kedua bernama Noto Sans Sundanese yang dirancang oleh Google melalui proyek Noto yang dikembangkannya. Sekedar informasi, Noto adalah keluarga besar font yang diprogram agar dapat menampilkan seluruh karakter aksara yang telah terdaftar pada program Unicode, termasuk di antaranya adalah aksara Sunda.

noto sans sundanese

Ciri khas yang membedakan Noto Sans Sundanese dengan font Sundanese Unicode adalah terletak pada setiap ujungnya yang memiliki sudut runcing, hal ini mungkin karena tipe font yang digunakannya adalah Sans Serif.

Download | Noto Sans Sundanese (Gratis)

#3 Font Aksara Sunda Kandaga

Kandaga adalah nama font aksara Sunda ketiga yang saya bagikan yang didesain oleh Ilham Nurwansah pada Januari 2009 silam dengan versi 1.01 ketika itu. Font ini memiliki ciri khas yang unik berupa penggunaan tebal dan tipis di setiap sisinya.

kandaga unicode

Font Kandaga telah mendukung berbagai jenis pemformatan font seperti bold, italic, underline, dan lain sebagainya melalui program pengolah kata seperti Microsoft Word. Selain itu, Kandaga juga telah menggunakan teknologi kerning dan substitusi yang berguna agar posisi antar huruf aksara Sunda tetap benar dan seimbang berdasarkan urutan logika pengetikan huruf.

Download | Kandaga (Gratis)

#4 Sangkuriang Sunda

Font aksara Sunda berikutnya bernama Sangkuriang Sunda yang merupakan pengembangan dari bentuk dasar font Sangkuriang karya Gregorius Wisnu Prastowo.

sangkuriang sunda

Berbeda dengan font Noto Sans Sundanese yang bertipe Sans Serif, Sangkuriang Sunda ini justru lebih condong ke dalam tipe font Serif karena memiliki kait atau siripan pada setiap bagian ujung hurufnya. Anda bisa download font aksara Sunda tersebut secara gratis melalui link di bawah ini.

Download | Sangkuriang Sunda (Gratis)

#5 Sunda Prada

Berawal dari obrolan di situs jejaring sosial Facebook, sejumlah sukarelawan yang tergabung dalam komunitas Programmer Aksara Sunda (Prada) akhirnya berhasil menciptakan sebuah font aksara Sunda yang mampu digunakan dengan baik pada semua aplikasi di berbagai platform yang ada saat ini. Font tersebut kemudian diberi nama sesuai dengan nama komunitas tersebut, Sunda Prada.

sunda prada

Dengan dua buah teknologi bernama OTF dan Graphite yang dimilikinya, Sunda Prada memang dapat menampilkan tulisan aksara Sunda dengan baik di berbagai aplikasi yang ada di komputer maupun Android. Selain itu, font ini juga dibuat berdasarkan pada Unicode versi 6.0 sehingga karakter aksara Sunda yang ada pada font ini disertai juga dengan tanda baca, aksara latin, dan juga Carakan.

Download | Sunda Prada Font (Gratis)

#6 Sundara Unicode

Sebelum adanya Sundara Unicode, sudah ada font aksara Sunda bernama Sundara Latin yang dirancang oleh Ilham Nurwansah pada tahun 2011 yang masih menggunakan kode blok ANSI (American National Standards Institute), sehingga penggunaannya masih terbatas di beberapa aplikasi pada perangkat komputer saja.

sundara unicode

Hingga akhirnya munculah font Sundara Unicode yang merupakan penyempurnaan dari Sundara Latin yang mengganti blok ANSI menjadi blok Unicode. Dengan perubahan tersebut, tentunya font Sundara ini telah dapat dipakai pada berbagai aplikasi yang ada di setiap perangkat, baik komputer maupun mobile.

Download | Sundara Unicode (Gratis)

#7 Asmarandana dan Sundari

Asmarandana dan Sundari merupakan dua buah font aksara Sunda untuk Android terakhir yang saya bagikan pada artikel kali ini. Asmarandana pertama kali dibuat pada tahun 2008, kemudian sepuluh tahun berikutnya dibuatlah font yang menjadi penerus font Asmarandana bernama Sundari. Perancang dua font tersebut adalah orang yang sama dengan yang menciptakan font Sundara Unicode, yakni Ilham Nurwansah.

asmarandana & sundari

Download | Asmarandana & Sundari (Gratis)

Kesimpulan

Terdapat tujuh buah font aksara Sunda Unicode yang saya bagikan pada artikel ini untuk Anda download secara gratis, yakni Sundanese Unicode, Noto Sans Sundanese, Kandaga, Sangkuriang Sunda, Sunda Prada, Sundara Unicode, serta Asmarandana dan Sundari. Semua font tersebut dapat digunakan dengan baik di berbagai aplikasi yang ada pada perangkat komputer maupun mobile seperti smartphone Android, iOS, dan sebagainya.

Itulah tujuh buah font aksara Sunda Unicode yang dapat saya bagikan. Jika Anda juga ingin download font Ngalagena maupun font lainnya yang menggunakan kode blok ANSI atau latin, Anda dapat menghubungi saya melalui halaman Contact Us yang ada di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Font Aksara Sunda Unicode Gratis untuk Anda Download"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel