Keyboard Aksara Jawa untuk Perangkat PC dan Android - Salam Tekno

Keyboard Aksara Jawa untuk Perangkat PC dan Android

Salah satu cara menulis aksara Jawa selain menggunakan situs translate aksara Jawa Hanacaraka adalah dengan menampilkan keyboard aksara Jawa pada perangkat yang Anda gunakan, baik itu PC atau laptop maupun pada smartphone Android. Namun, menggunakan keyboard untuk menulis aksara Jawa ini tentunya tidak semudah seperti menggunakan alat translate Jawa ke aksara Jawa yang hanya perlu copy paste saja.

keyboard aksara jawa

Artikel Salam Tekno kali ini hanya akan membahas mengenai keyboard aksara Jawa untuk PC dan Android serta bagaimana cara memasangnya saja. Adapun cara menggunakannya untuk mengetik aksara Jawa, mungkin akan saya buat tutorialnya pada artikel selanjutnya. Untuk itu, tetap ikuti blog ini dengan mendaftarkan email Anda pada kotak Berlangganan di bawah.

Keyboard aksara Jawa ini dapat Anda gunakan setelah Anda memasang font aksara Jawa khususnya pada perangkat komputer. Kumpulan font yang telah mendukung karakter Unicode dari aksara Jawa telah saya bagikan pada artikel sebelumnya. Silakan Anda kunjungi artikel tersebut kemudian download dan pakailah salah satu font untuk Anda gunakan.

Berikut ini adalah keyboard aksara Jawa yang telah saya coba sendiri untuk menulis aksara Jawa di komputer maupun smartphone Android. Silakan Anda lakukan eksperimen sendiri sebelum saya buatkan tutorial cara menggunakannya yang benar.

Keyboard Aksara Jawa dan Cara Memasangnya

Keyboard Aksara Jawa Android

Jika Anda cari di Google Play Store dengan kata kunci "keyboard aksara Jawa", maka akan ada beberapa aplikasi keyboard aksara Jawa tanpa root yang akan muncul disana. Anda bisa coba untuk pasang dan gunakan aplikasi-aplikasi tersebut, siapa tahu Anda cocok dengan salah satu aplikasi yang Anda coba.

Saya sendiri tidak merekomendasikan keyboard aksara Jawa Apk pada Google Play Store tersebut pada artikel kali ini, karena saya dan semua pengguna ponsel Android lainnya termasuk Anda telah memiliki aplikasi keyboard bawaan yang paling lengkap di antara yang lain. Ya, apalagi kalau bukan aplikasi keyboard dari Google bernama Gboard (Google Keyboard), aplikasi yang juga telah saya bahas pada artikel mengenai cara menulis Arab di Android yang lalu.

Sama halnya mengetik tulisan Arab, Anda juga harus menambah bahasa Jawa pada Google Keyboard terlebih dahulu untuk dapat mengetik aksara Jawa pada ponsel Android yang Anda miliki.

Untuk menambah bahasa Jawa pada Gboard, pergi ke Setelan Android masing-masing dan pilih menu Setelan tambahan pada deretan menu Sistem & Perangkat.

setelan android

Setelah berada pada menu Setelan tambahan, cari dan pilih lah menu Bahasa & masukan.

bahasa & masukan

Pastikan keyboard saat ini yang Anda gunakan adalah Gboard. Adapun untuk menambahkan bahasa maupun setelan lainnya pada Gboard, pilih dan ketuk menu Gboard.

keyboard aksara jawa android

Ketuk Bahasa untuk menambah bahasa Jawa pada Google Keyboard. Dalam screenshot di bawah ini, terlihat bahwa saya masih menggunakan satu bahasa yakni Indonesia (QWERTY).

setelan bahasa

Ketuk Tambahkan Keyboard kemudian cari bahasa Jawa pada daftar bahasa yang disediakan. Jika setelah Anda cari ternyata bahasa Jawa tersebut belum tersedia, Anda harus memperbarui terlebih dahulu aplikasi Gboard ke versi terbaru melalui Google Play Store. Bacalah tutorial cara memperbarui aplikasi android sebelumnya untuk membantu Anda.

tambahkan bahasa jawa

Ada tiga buah keyboard bahasa Jawa pada Gboard, yakni Banyumasan, Jawa (Aksara Jawa), dan Jawa (Latin). Tentu untuk dapat mengetik tulisan Hanacaraka, pilih lah keyboard Aksara Jawa.

pilihan bahasa jawa

Ketuk Selesai dan daftar bahasa yang digunakan pada Google Keyboard di ponsel Android Anda telah bertambah dengan bahasa Jawa (Aksara Jawa).

aksara jawa telah ditambahkan

Untuk beralih bahasa dan mengetik huruf Jawa menggunakan keyboard aksara Jawa yang telah Anda tambahkan tadi, bukalah salah satu aplikasi Android yang bisa digunakan untuk menulis. Anda bisa membuka Microsoft Word, WhatsApp, maupun aplikasi lainnya terserah Anda.

Ketika keyboard muncul, tekan tombol yang bergambar globe atau tekan dan tahan tombol spasi sampai muncul menu Ubah keyboard. Pilih bahasa Jawa (Aksara Jawa) yang telah Anda tambahkan sebelumnya.

ubah keyboard

Tombol pada keyboard Android Anda akan berganti dengan huruf aksara Jawa, mulailah mengetik kata atau kalimat apa yang ingin Anda tulis. Untuk mengembalikan tombol seperti semula, ulangi langkah sebelumnya dan pilih bahasa keyboard yang sebelumnya Anda pakai.

mengetik tulisan hanacaraka

Pelajari lebih lanjut bagaimana cara memasang dan menggunakan aplikasi keyboard aksara Jawa pada smartphone Android pada video di bawah ini.


Keyboard Aksara Jawa PC

Sama halnya pada Android, keyboard aksara Jawa di laptop juga telah tersedia pada sistem bawaan Windows. Dengan demikian, Anda hanya perlu menambahkan bahasanya saja tanpa harus download aplikasi keyboard aksara Jawa online terlebih dahulu.

Pergi ke Control Panel > Clock, Language, and Region > Language kemudian klik Add a language untuk menambah bahasa baru. Terlihat dalam screenshot di bawah ini saya masih menggunakan dua buah bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Arabic.

language settings

Carilah bahasa Jawa pada urutan bahasa yang disediakan. Jika Anda tidak menemukannya, manfaatkan kotak Search languages yang berada di pojok kanan atas.

menambah bahasa windows

Setelah Anda cari, maka akan ada dua buah bahasa Jawa atau Javanese yang akan Anda temukan, yakni Javanese (Javanese) dan Javanese (Latin). Klik bahasa Jawa Javanese kemudian klik Add.

add language

Bahasa Jawa beserta keyboard aksara Jawa berhasil ditambahkan pada komputer.

keyboard aksara jawa pc

Untuk beralih antar bahasa keyboard, klik menu input methods yang tertera bahasa keyboard yang sedang digunakan. Bisa juga dengan cara singkatnya dengan menekan tombol Windows+Spasi pada keyboard.

mengganti bahasa keyboard windows

Untuk menulis Hanacaraka menggunakan keyboard aksara Jawa yang telah Anda tambahkan tadi, ubah terlebih dahulu font yang digunakan menjadi font yang mendukung penulisan aksara Jawa seperti yang telah saya jelaskan di awal artikel. Dan untuk membantu penulisan, Anda juga bisa membuka software On Screen Keyboard yang sudah terpasang pada komputer masing-masing.

menulis aksara jawa

Kesimpulan

Keyboard aksara Jawa telah tersedia di aplikasi maupun setelan bawaan pada smartphone Android dan PC dan Anda hanya tinggal menambahkan bahasanya saja. Google Keyboard (Gboard) adalah aplikasi keyboard yang bisa digunakan, sedangkan keyboard aksara Jawa PC bisa Anda cari melalui setelan Language pada Windows. Anda tidak perlu untuk download aplikasi keyboard aksara Jawa dengan kehadiran dua setelan tersebut.

Itulah dua buah keyboard aksara Jawa beserta cara memasangnya yang bisa dipakai untuk mengetik huruf Hanacaraka di Android maupun PC. Jika Anda mempunyai rekomendasi keyboard lain untuk digunakan, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keyboard Aksara Jawa untuk Perangkat PC dan Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel