Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP, Lengkap! - Salam Tekno

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP, Lengkap!

Anda sedang membutuhkan sebuah panduan mengenai cara mengirim lamaran lewat email? Bingung mencarinya dimana? Tenang saja, Anda akan mendapatkan tata cara mengirim lamaran kerja via email tersebut secara lengkap dan detail pada artikel Salam Tekno kali ini. Silakan Anda simak dan ikuti dengan baik beberapa tutorial dan arahan yang akan saya sampaikan.

cara mengirim lamaran lewat email

Di jaman modern seperti sekarang ini di mana teknologi informasi terus berkembang, tentunya semakin mempermudah setiap aktivitas dan urusan manusia, termasuk di antaranya dalam urusan surat menyurat seperti mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan.

Dulu, banyak pelamar kerja mengirimkan berkas lamaran mereka melalui kantor pos atau bahkan langsung mendatangi perusahaan atau kantor yang membuka lowongan pekerjaan. Namun sekarang, hanya dengan memiliki smartphone dan sebuah akun email saja, Anda sudah dapat mengirim lamaran pekerjaan Anda dengan cepat dan tentunya tepat.

Cara mengirimkan lamaran lewat email tentunya memiliki banyak kelebihan dibanding dengan cara konvensional. Dengan menggunakan email, pelamar kerja bisa lebih mudah dan murah dalam mengirim surat lamaran mereka karena tidak lagi mengeluarkan biaya untuk membeli amplop, perangko, biaya pengiriman kantor pos, serta biaya-biaya lainnya.

Bagi perusahaan pembuka lowongan pekerjaan sendiri, tentunya akan lebih praktis bila mereka mensyaratkan agar calon pekerja mengirim lamaran kerja lewat email karena hal tersebut akan mengurangi banyaknya dokumen yang tertumpuk dan terabaikan.
Baca juga: Cara menghapus akun facebook yang lupa password dan email
Lalu, bagaimanakah cara mengirim lamaran kerja lewat email di HP? Simak dan pelajari tutorialnya berikut ini.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Sebelum ke tutorial cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar, alangkah baiknya saya informasikan terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus Anda persiapakan secara umum.

Hal yang Harus Anda Persiapkan

#1 Sebuah Akun Email

Cara mengirim surat lamaran kerja lewat email tentunya Anda harus dan wajib memiliki sebuah akun email terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya, silakan buat terlebih dahulu melalui layanan pembuat email gratis seperti Gmail. Adapun untuk cara membuat email, tidak akan saya bahas pada artikel ini karena sudah banyak tersedia di Google jika Anda cari.

Perlu diperhatikan ketika Anda membuat email, sebaiknya buat dan gunakanlah alamat email dengan nama asli Anda. Hal ini agar terlihat profesional dan menjadi salah satu faktor cara mengirim lamaran lewat email agar cepat dipanggil.

Jika Anda membuat email menggunakan aplikasi browser, maka setelah Anda berhasil membuatnya Anda harus menambahkan alamat email yang baru Anda buat tadi ke ponsel Android yang Anda miliki. Silakan kunjungi artikel saya sebelumnya mengenai cara menambah akun gmail untuk membantu Anda dalam hal ini.

#2 Scan Berkas Lamaran Kerja

Secara umum, berkas yang harus Anda lampirkan dalam email lamaran pekerjaan Anda adalah Ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Sertifikat, foto resmi, dan surat-surat lain sesuai dengan permintaan perusahaan tempat Anda ingin bekerja.

Jika Anda mempunyai printer multi fungsi, Anda bisa mengunjungi artikel cara scan dokumen dengan printer untuk menscan berkas lamaran kerja Anda. Jika tidak, Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone yang Anda miliki dengan sebuah aplikasi Android bernama Camscanner. Kunjungi cara menggunakan Camscanner untuk membantu Anda.

Perlu diperhatikan, usahakan agar setiap berkas yang telah discan memiliki ukuran yang tidak lebih dari 2 Megabyte dan jika ada, ikutilah ketentuan format file yang diminta oleh perusahaan. Biasanya, format berkas lamaran tersebut tidak jauh dari .doc/.docx, .pdf, .jpg, dan .png. Kunjungi artikel cara convert file word ke pdf dan cara merubah file pdf ke word secara manual jika Anda bingung bagaimana menuruti format yang diminta.

#3 Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae (CV)

Selanjutnya adalah buat surat lamaran kerja Anda dalam bentuk Microsoft Word atau PDF. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang mensyaratkan surat lamaran kerja tersebut untuk ditulis tangan sehingga harus Anda scan bersamaan dengan berkas lampiran di atas.

Untuk contoh lamaran kerja via email pdf telah banyak situs website maupun blog yang membagikannya di internet, silakan Anda manfaatkan Google untuk mencari dan mengunduhnya. Anda bisa mencarinya dengan kata kunci contoh surat lamaran kerja via email lulusan smk atau sederajat.

Dan untuk membuat Curriculum Vitae (CV), Anda bisa menemukan desain template CV yang bagus dan menarik di situs penyedia gambar gratis bernama Freepik. Tinggal Anda unduh kemudian edit sedikit misalnya pada bagian foto, identitas pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, keahlian, dan lain sebagainya. Dengan demikian, cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar akan sekaligus Anda kuasai.

Langkah-langkah Mengirim Lamaran Lewat Email di HP

Langkah cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengirim pesan lewat email yang telah saya bahas pada artikel yang lalu. Namun, tidak ada salahnya jika saya mengulasnya kembali kali ini.

Di bawah ini hanya akan saya contohkan mengirim lamaran via email melalui aplikasi Gmail di HP Android saja. Adapun untuk cara mengirim lamaran lewat email di laptop tidak akan jauh berbeda tampilan dan penggunaannya.

#1 Mengisi Alamat Email Perusahaan dan Subjek Email

Buka aplikasi Gmail yang pasti telah terpasang di ponsel Anda kemudian ketuk ikon + untuk membuat pesan email baru.

menulis pesan email baru

Kotak Dari akan otomatis terisi oleh alamat email yang Anda gunakan. Anda hanya perlu mengisi kotak Kepada dan Subjek pada langkah yang pertama ini. Untuk mengisi kotak Kepada, tuliskanlah dengan benar alamat email perusahaan tujuan Anda mengirim lamaran agar surat lamaran Anda benar-benar tepat sampai ke perusahaan tersebut.

mengisi email perusahaan dan subjek

Kemudian untuk mengisi Subjek, kadang ada beberapa perusahaan yang memiliki ketentuan pengisian subjek dalam pengiriman email lamaran kerja. Namun jika tidak, secara umum subjek email dapat Anda isi dengan Posisi pekerjaan - Nama Anda seperti contohnya Lamaran Editor - Muhamad Nursidik.

#2 Menulis Body Email Lamaran Kerja

Langkah selanjutnya adalah menulis body atau badan email lamaran kerja yang menjelaskan maksud dan tujuan Anda mengirimkan email. Hal yang paling penting dalam mengisi badan email ini ialah jangan terlalu panjang, karena dapat memungkinkan lamaran Anda diabaikan HRD.

contoh body email lamaran kerja

Anda dapat mengikuti contoh body email lamaran kerja yang ada di dalam screenshot di atas atau mencarinya di sumber lain yang banyak ditemukan di internet.

#3 Melampirkan Persyaratan dan Mengirim Email

Selanjutnya, lampirkanlah semua berkas persyaratan yang telah Anda kumpulkan. Caranya, ketuk ikon penjepit kertas di samping kiri tombol kirim dan pilih Lampirkan file.

lampirkan file

Carilah lokasi tempat Anda menyimpan berkas lamaran Anda, seleksi semuanya kemudian tap Buka.

melampirkan berkas lamaran

Semua berkas lamaran kerja Anda akan terlampir di bawah body email. Periksa terlebih dahulu apakah ada yang tertinggal atau tidak. Setelah yakin semuanya benar, tap tombol Kirim yang berikon pesawat kertas.

mengirimkan lamaran lewat email
Cara mengirim lamaran lewat email selesai. Email yang telah Anda kirimkan tadi akan tersimpan pada email Terkirim dan Anda hanya tinggal menunggu pihak perusahaan membalas email Anda dengan kabar yang baik.

Kesimpulan

Cara mengirim lamaran lewat email di HP yang baik dan benar agar cepat dipanggil harus ada persiapan terlebih dahulu, seperti membuat akun email, menyiapkan scan berkas persyaratan, dan membuat surat lamaran kerja serta Curriculum Vitae (CV). Adapun tata cara mengirim lamaran via email yakni mengisi alamat email perusahaan dan subjek email, menulis body email, melampirkan persyaratan, dan kemudian mengirimkannya.

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengirimkan lamaran lewat email, saya doakan semoga Anda cepat mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali pada tutorial menarik lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP, Lengkap!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel