Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Instagram Terbaru dengan Cepat - Salam Tekno

Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Instagram Terbaru dengan Cepat

Bagaimana cara menghapus history Instagram? Sudahkah Anda mengetahuinya? Jika belum, sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel Salam Tekno kali ini karena saya akan membahas dan mencontohkan cara menghapus riwayat pencarian di Instagram tersebut lengkap dengan gambarnya agar mudah untuk Anda ikuti.

cara menghapus history instagram

Seperti yang kita tahu, Instagram adalah media sosial tempat berbagi foto dan video pendek yang tengah menempati puncak kepopulerannya saat ini. Sejak diakuisisi oleh Facebook pada April 2012 lalu, Instagram terus menambahkan fitur yang begitu menarik bagi para penggunanya, sebut saja Boomerang, DM (Direct Message), Story, dan lain-lain.

Seperti halnya Youtube pada artikel cara menghapus history Youtube kemarin, Instagram juga memiliki kolom pencarian di dalamnya yang sangat berguna untuk mencari akun pengguna, tagar, maupun tempat.

Setiap akun, tagar, maupun tempat yang telah Anda cari di Instagram akan tersimpan secara otomatis sebagai riwayat (history) dan akan muncul kembali pada kolom pencarian sebagai saran. Hal ini mirip dengan kolom pencarian Google yang sudah saya bahas pada tutorial cara menghapus history Google sebelumnya.

Bagi Anda yang tidak ingin apa yang telah Anda cari di Instagram dapat diketahui orang lain, tentunya Anda harus menghapus history Instagram tersebut. Lalu, bagaimanakah cara menghapus riwayat pencarian Instagram? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Instagram

Di artikel ini saya menggunakan dan mencontohkan cara menghapus riwayat pencarian di Instagram versi terbaru. Oleh karena itu, silakan Anda perbarui aplikasi Instagram yang terpasang di ponsel Anda terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial yang akan saya bahas.

Menghapus Pencarian Tersimpan di Instagram Secara Manual

Cara menghapus history Instagram secara manual, artinya Anda bebas memilih secara manual riwayat pencarian apa saja yang akan dihapus. Berikut tutorial selengkapnya.

Buka aplikasi Instagram terbaru, tap menu Cari & Jelajahi dan masuklah ke kolom pencarian Instagram.

cari & jelajahi instagram

Anda akan melihat saran (suggested) pencarian Instagram, saran pencarian karena Anda mengikuti seseorang, serta riwayat pencarian terbaru (top search) Anda di Instagram.

Silakan Anda pilih satu maupun beberapa riwayat pencarian terbaru (top search) untuk dihapus. Cara menghapus top search Instagram sangatlah mudah, cukup Anda tap tanda silang yang ada di samping riwayat tersebut maka riwayat tersebut akan hilang seketika.

cara menghapus riwayat pencarian di instagram

Hal yang sama juga bisa untuk menghilangkan suggested dan menghapus saran pencarian di Instagram. Saran pencarian tersebut tidak hilang secara permanen, namun saran akun yang telah Anda hapus akan berganti dengan akun yang lain dan tidak akan pernah muncul lagi sebagai saran.

Menghapus History Instagram Secara Keseluruhan

Untuk menghapus history Instagram permanen secara keseluruhan, buka profil akun Instagram Anda, tapmenuyang terletak di pojok kanan atas, kemudian bukasetting instagramPengaturan di bagian bawah.

pengaturan instagram

Pengaturan Instagram akan terbuka. Pilih dan buka Keamanan.

pengaturan keamanan

Tap Hapus Riwayat Pencarian, tap kembali untuk yang kedua kalinya, kemudian pilih Hapus Riwayat pada jendela pop-up yang muncul.

hapus riwayat pencarian

konfirmasi hapus riwayat

Selesai mengikuti langkah di atas, maka seluruh riwayat pencarian Instagram yang tersimpan akan terhapus dan tidak bisa dipulihkan kembali.

Menghapus Riwayat Instagram di Aplikasi Browser

Sama halnya dengan media sosial VK (VKontakte) pada artikel membuat akun VK, layanan Instagram juga dapat Anda akses melalui situs resminya menggunakan aplikasi browser. Bahkan, fitur DM (Direct Message) yang dimiliki Instagram kini sudah dapat dibuka melalui browser sebagaimana cara dm instagram di browser yang telah dibahas pada artikel yang lalu.

1. Buka aplikasi browser yang biasa Anda gunakan, akses situs resmi Instagram, kemudian login ke akun Instagram yang Anda miliki.

situs instagram

2. Setelah berhasil login, buka menuakunprofile kemudian kliksetting instagramOpsi yang berada di sebelah kiri atas.

menghapus riwayat ig di browser

3. Pilih dan buka Privasi dan Keamanan kemudian klik Lihat Data Akun di dalamnya.

privasi dan keamanan

lihat data akun

4. Pada informasi Aktivitas Akun, klik Lihat Semua yang berada di bawah Riwayat pencarian.

lihat semua riwayat pencarian

5. Klik Hapus Riwayat Pencarian kemudian pilih Ya, saya yakin pada jendela pop-up yang muncul. Selesai, dengan cara tersebut maka semua riwayat pencarian Instagram Anda akan terhapus.

menghapus histori instagram permanen

Itulah tadi tutorial bagaimana cara menghapus history (riwayat) pencarian di Instagram secara manual, keseluruhan, maupun melalui aplikasi browser. Lebih mudah bukan? Selamat mempraktikkan, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Instagram Terbaru dengan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel